FORMULA BAHAGIA

Posted: Sep 11, 2007 in SERBA SERBI

Narasumber : BBC dan narasumber lain

Formula Bahagia = P + (5E) + (3H)

P = Personal Characteristic = karakteristik pribadi. Memang ada orang2 tertentu yang mudah bahagia ada yang dari sononya pemurung (melankoli). Termasuk dalam ini adalah pandangan hidupnya. Apakah ia memandang hidup sebagai samsara, poya2 & hura2, bekerja, ibadah, dst.


Bahwa hidup itu susah/gampang, dst. Juga keluwesan dan kemudahan untuk pulih dari kesedihan / kemalangan.

E = eksistensi = cukup sehat, finansial tercukupi, rasa aman, dan kawan, dan kebebasan untuk memilih.

H = Higher Order Need. Ini adalah kebutuhan2 yang latarannya lebih tinggi dari kebutuhan primer (sandang, pangan, papan, saru) yaitu ambisi2, harapan2nya, impian2nya, harga diri, dst.

P terdiri dari nature yaitu biochemistry, enzim2, struktur fisiologis, dll, yang menyebabkan seseorang melankoli atau gampang bahagia. Kedua nurture yaitu bagaimana mereka diajari memandang hidup.

Tidak perlu penjelasan bahwa kesehatan, uang, dll, adalah faktor2 vital dalam menentukan rasa bahagia. Orang2 juga sudah tahu bahwa kawan adalah sumber bahagia. Kemudahan bergaul menentukan kadar bahagia. Yang patut disimak dari formula itu, ternyata faktor E adalah 5, artinya dominan atau penting.

Menurut BBC kebanyakan orang tidak tahu makna bahagia. Banyak yang beranggapan bahwa bahagia itu banyak uang, pangkat tinggi, punya cem2an, dst. kesalahan kedua, masih versi BBC, kecewa dengan apa yang tidak dimiliki sehingga kurang menikmati apa yang dimiliki.

“We tend to be very obsessed with what is wrong, what is missing and what we have not got, rather than focusing on what we want and getting it.
“It would be nice to just enjoy your life, because life is a bit short.”

Agama2 mengajarkan agar kita mensyukuri anugerah. Katamensyukuriterasa abstrak. Lebih kongkrit ‘MENIKMATI’.

Kata BBC apa yang menyebabken hepi berbeda antara pria dan wanita. 4 dari 10 pria bilang akan hepi kalo berbuat saru ;-)dan 7 dari 10 wanita hepi kalo bersama keluarga.

Memang kita lebih sering terobsesi pada hal-hal yang salah dan yang TIDAK kita miliki, bukan hal-hal yang sudah diperoleh ataupun yang diinginkan dan bagaimana mendapatkan.

Komentar
  1. Rizaleiy mengatakan:

    Knapa siaran piala dunia di rcti diacak suara ada tp gambar tdk ad mohn pencerhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s