PONSEL BLACKBERRY BERDAMPAK BURUK

Posted: Sep 11, 2007 in PONSEL

NEW YORK (KR) – Berbagai alat komunikasi seperti ponsel yang dilengkapi fasilitas blackberry telah membuat para orangtua di AS keranjingan kerja tanpa mengingat waktu. Mereka tetap melakukan pekerjaan kantor di rumahnya masing-masing dengan memanfaatkan peralatan berteknologi canggih itu. Akibatnya waktu untuk keluarga menjadi tersita, sehingga berdampak bagi anak-anaknya.

Masyarakat AS menyebut blackberry sebagai ‘adik baru’ karena kehadirannya telah merampas perhatian orangtua terhadap anak-anaknya. Bob Jr umpamanya mengatakan suatu hari ia tidak digubris ayahnya yang sedang asyik mengoperasikan ponselnya, meski telah memanggilnya berulang kali. Bob Sr mengaku, sebagai salah seorang dari 6 juta pelanggan blackberry di AS, ia merasa sulit meletakkan ponselnya.

Pengguna blackberry di AS berlipat dua dalam setahun terakhir. Demikian asyiknya kalangan orangtua memanfaatkan ponsel itu, sehingga sebuah harian berpengaruh di New York menerbitkan artikel berjudul ‘Anak Yatim Akibat Blackberry’.

Menurut penulis artikel itu, ada seorang ibu yang menaruh blackberry di kamar mandi dan pura-pura ke belakang setiap kali melihat email. Penelitian lain menunjukkan keranjingan masyarakat AS terhadap peralatan elektronik seperti blackberry membuat anak-anak telantar karena tanpa mengenal waktu selama 24 jam berurusan dengan kantor.

Orangtua yang seperti itu, menurut VOA, telah melupakan keluarga bahkan dirinya sendiri. Para peneliti berkesimpulan, ketagihan orangtua untuk selalu memainkan blackberry dan peralatan canggih lainnya bukan hanya berdampak buruk terhadap pemakainya, tetapi juga kepada perkembangan anak.( Kedaulatan Rakyat )

Komentar
  1. Suwandi37 mengatakan:

    Blackbarry merupakan alat canggih yg dpt menyaingi ponsel2 bermerk lain, kemungkinan dampak yg lain ga ada mslh,trgntg individu msg2, mslh persaingan teknologi aja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s