PONSEL BUKAN HANYA KEBUTUHAN KOMUNIKASI

Posted: Sep 30, 2007 in PONSEL

Dalam 6 tahun saya menjalani dunia seluler ini apalagi dalam pelayanan terhadap pelanggan, ternyata ponsel masih difungsikan sebagai sarana telekomunikasi. Padahal pada generasi saat ini, perusahaan ponsel yang sudah membangun tehnologi komunikasi tersebut tidak hanya untuk berkomunikasi saja namun juga bisa sebagai hiburan dan dan bahkan informasi yang sangat bermanfaat. Fitur2 tambahan dalam ponsel pun masih jarang dipahami oleh pengguna sendiri.

+ gentho : Maksudmu ki opo to dab? HP lak yo nggo telpun ro sms to?

– dab rider : lha hp mu model lawas, yo isone ngono tok, makane tuku sing model anyar…..

+gentho : maksudmu iso nggo mbalang kirik ro nyampluk maling po piye?

-dab rider : woo…lha.. kene tak jelaske….

Pada jaman dahulu, Ponsel kemampuannya masih terbatas, hanya untuk telpon, setelah itu muncul tehnologi sms. Bebarapa tahun kemudian ponsel sudah dapat digunakan untuk koneksi internet yaitu berbasis CSD (Circuit Switched Data) dengan kecepatan 9 – 12kbps. Namun pada masa ini pun para pengguna ponsel masih belum mengerti manfaat CSD lebih banyak untuk telpon dan bergaya. Pada saat itu (jaman masih Satelindo) sudah mengeluarkan kartu paska bayar dengan nama satelindogsm dengan tambahan fitur DATA jika ingin menggunakan layanan internet. Dan tarifnya pun masih mahal, sekitar Rp 999,- /menit. Setelah munculnya CSD ini, kemudian ponsel memunculkan fitur e-mail. Namun tetap sulit untuk diakses, karena e-mail masih berkapasitas tinggi sedangkan memori ponsel hanya cukup untuk menyimpan phone book dan sms. Ponsel berkembang lagi dengan fitur tambahan yaitu infrared dan memory eksternal. Kelebihannya hanya sebagai sharing file dan memory lebih luas. Sehingga fitur ini dapat dimanfaatkan untuk tranfer file seperti ringtone dan file2 lain. Sebenarnya, dengan adanya infrared ini, maka ponsel dapat menambah fitur FAX sebagai pengiriman dokumen penting. Prosesnya dapat dilakukan dengan menggunakan printer yg sudah ada koneksi infrarednya, jika incoming call berupa fax sudah muncul, segera koneksikan hp dan printer mengunakan infrared, maka printer segera mencetak data tersebut. Saat itu, satelindogsm juga sudah punya fasilitas FAX tersebut, kalo nggak salah untuk tiap bulan Rp 75.000,-

+gentho : wooo….gitu to dab, sakjane biyen ki wis rodo canggih yo…..

-dab rider : kuwi sakjane….tapi ya belum memuaskan, bedo karo saiki….

+gentho : lha bedone opo dab?

-dab rider : sik… tak critani maneh…..

Itu tadi sekelumit cerita generasi pertama, sekarang menginjak pada generasi ke dua. Pada generasi ini sudah muncul tehnologi baru lagi yaitu GPRS (General Packet Radio Service) yang kecepatannya sekitar 32 – 114kbps. Dengan munculnya tehnologi ini, ponsel pun berkembang dengan memunculkan fitur sebagai berikut :

– ringtone, polyponic, true tone dan mp3

– memory eksternal

– colour >256 colour

– MMS

– Email

– Kamera dll

Dari jabaran diatas sudah mulai kelihatan ponsel dari segi hiburan, bukan sekedar alat komunikasi. Pada saat itu ponsel sudah mulai colour, jika sudah berwarna maka gambar apa aja dapat disimpan dimemory ponsel, kemudian gambar tersebut dapat dikirim ke ponsel lain melalui tehnologi MMS. Pada masa itu satelindogsm sudah menjadi Matrix selain dengan produk Mentari dan IM3 nya Indosat. Kartu2 Indosat sudah mempunyai layanan MMS tersebut. Tarif pertama kai yaitu sebesar Rp 1000,- untuk tiap 50kb dan untuk GPRS nya baru pada kartu matrix dengan tarif promo yang sangat murah yaitu Rp 25.000,- /bulan ( andaikan tarif itu untuk saat ini…. pasti menyenangkan, tiap hari buka internet)

Pada masa itu, pengguna ponsel masil belum memanfaatkan kelebihan2 fitur tersebut terutama GPRS. Ponsel sudah sangat canggih, untuk menerima email pun sudah mampu untuk kapasitas yang besar. Bahkan ponsel dapat digunakan sebagai modem. Jadi ponsel dikoneksikan dengan komputer, maka ponsel tersebut berfungsi sebagai modem untuk akses internet (selain untuk koneksi management file).

    +gentho    : wah….. tekan semono to….? brarti ra perlu nang warnet yo dab?

    -dab rider : yo ra perlu….  iso karo klekaran mbek bojo karo akses internet…..

    +gentho : tapi…. entekke okeh no…, iso jutaan….

    -dab rider: kok jutaan piye? kan wis tak kandani to nek jaman semono matrix ki gor 25ewu ben sasi sak jebole…

    +gentho: weh… kapan ono ngono maneh yo?

    -dab rider : mengko tak critani perkoro tarif, aku lagi pengen crito tehnologi….

    +gentho : siipp… lha nek saiki piye critane?

Perkembangan ponsel setelah itu yaitu ponsel dengan tehnologi java yaitu, ponsel yang mampu membaca software yang dibikin dengan aplikasi java. Karena ponsel memiliki memori yg sudah tinggi dan sudah berwarna serta sudah dapat koneksi ke internet, maka perusahaan software membuat aplikasi2 dengan bahasa java tersebut. Kenapa pakai bahasa java? Karena bahasa tersebut  file eksekusinya sangat kecil, serta suport untuk model ponsel yang belum mempunyai sistem operasi. Apa yang dikembangkan oleh program java tersebut? Software2 tersebut bermula di dunia entertainment yaitu games. Banyak game2 yang muncul menggunakan aplikasi java, cirinya yaitu file sourcenya menggunakan “.jar”. Selain game, banyak aplikasi2 bermunculan yaitu, yahoo massenger, opera mini, googlemap, kajian agama dll. File2 tersebut dapat didownload di internet, bisa melalui ponsel atau komputer.

Kemudian, ponsel memunculkan tehnologi sistem operasi seperti symbian, windows mobile dll. Ini sudah mendekati kelas komputer, jadi seperti komputer mini.  Apalagi didukung tehnologi 3G yang mampu berkomunikasi dengan tampilan video.

Sehingga, jika disimpulkan, perembangan tehnologi ponsel saat ini yaitu :

– Telephony / komunikasi baik dengan suara / video call

– SMS / pesan pendek

– MMS / pesan bergambar

– FAX

– e-mail baik yag mengunakan pop3, imap atau tehnologi blackbery dan imofis

– akses internet dari  GPRS sampai HSDPA (generasi 3,5 dgn kecepatan 2Mbps)

– Modem

– Games java, bisa online juga

– Software2 spt chating, bacaan agama, magazine, gps, google earth dan macam2 software lain

–  Camera

– Mediaplayer mp3, mpeg dll

– Koneksi portal dgn berbagai layanan spt m-banking, info, berita, iring dll

– USB data card

– Remote dengan bluetooth

–  dll

Dengan perkembangan tersebut, untuk tingkat pebisnis atau dosen2 lebih banyak memanfaatkan tehnologi Internet dan E-mail selain telpon dan sms. Nah dengan banyak manfaat seperti diatas, maka bagaimana untuk konfigurasi atau menyetingannya?  Itu akan saya lanjutkan dalam judul yang lain.

Komentar
  1. lilik ekawati mengatakan:

    polsel apa saja yg support buat fax selain nokia 9300i & communicator lainnya?
    apakah blackberry bisa ditambahin fitur fax..?
    trm ksh
    ditunggu ya jawabannya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s