OPTIMALKAN PONSEL ANDA – edisi 3

Posted: Okt 4, 2007 in PONSEL

Sebenarnya layanan message ada tiga yaitu :

  1. SMS
  2. MMS
  3. E-MAIL

Untuk layanan sms sudah sangat umum bagi pengguna ponsel, terutuma bagi kawula muda. Bahkan pendapatan tertinggi dari seluler bisa dibilang dari aktifitas sms. Sms merupakan suatu fasilitas komunikasi yang paling murah, namun sekarang berubah menjadi fasilitas yg paing mahal. Kenapa bisa begitu? Karena persaingan yang ketat antar operator maka mereka beramai2 menurunkan tarif telpon, bahkan ada free talk, ada yg cuma Rp 1/detik. Coba bandingkan, untuk menulis sejumlah 160 karakter seharga Rp 250, jika melalui telp hanya butuh brapa detik saja, maka tarifnya akan kurang dari Rp 250.

Kemudian jika dibandingkan dengan MMS ( sudah dalam penjelasan sebelumnya ) maka penulisan lebih dari 160 karakter namun tarifnya bisa lebih murah dari Rp 250. Apalagi jika kita akan membandingkan dengan tarif untuk E-Mail. Namun itu untuk sesi selanjutnya, untuk sekarang saya akan menjelaskan mengenai E-MAIL ini.

3. EMAIL

Email atau e-mail adalah singkatan untuk Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia berarti surat elektronik. Email dari mulai ditulis, dikirim, hingga diterima dan dibaca semuanya ditangani secara elektronis. Umumnya email dibuat (atau ditulis) menggunakan Mail User Agent (MUA) lebih umum dikenal sebagai Email client, kemudian proses pengiriman ditangani oleh Mail Transfer Agent (MTA) yang sering juga disebut sebagai mail server. MUA juga digunakan untuk membuka dan membaca email kembali.

Dalam penyetingan Email di ponsel, ada beberapa hal yang perlu diketahui yaitu :

  • POP3 (Post Office Protocol version 3) adalah protokol yang digunakan untuk mengambil surat elektronik (email) dari server email. Protokol POP3 dibuat karena desain dari sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung surat eletronik untuk sementara sampai surat elektronik tersebut diambil oleh penerima yang berhak. Kehadiran server surat elektronik ini disebabkan kenyataan hanya sebagian kecil dari komputer penerima surat elektronik yang terus-menerus melakukan koneksi ke jaringan internet.
  • SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengirima surat elektronik di internet. Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima. Protokol ini timbul karena desain sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung sementara sampai surat elektronik diambil oleh penerima yang berhak.

Tidak semua layanan email memberikan POP3 dan SMTP gratis, sehingga kita harus benar2 tahu, mana yang bisa di setting di ponsel atau tidak. Berikut beberapa daftar POP3, SMTP gratis (data maret 2007 ):

tableimel.JPG

Terlihat dari tabel diatas, beberapa layanan email memberikan kapasitas penyimpanan beserta pemberian pop3 dan smtp gratis, bahkan ada sebuah fasilitas forward email.

Lalu, bagaimana kita memasang email di ponsel kita?

Pemasangan email ini lebih mudah ketimbang melakukan penyetingan untuk MMS, kok bisa gitu? Berikut penjelasan saya. Dari sekian banyak daftar layanan email diatas, saya lebih senang menggunakan GMAIL, dimana selain kapasitas yg diberikan besar, ternyata GMAIL telah support untuk delivery email ke outlook atau inbox lain serta mobille phone. Gmail menyediakan option untuk proses pengiriman imel ke ponsel, yaitu jika email yg ada diserver Gmail kemudian dikirim ke ponsel maka email tesebut setelah melalu proses pengiriman, disimpan di archive sehingga tidak menempati kolom inbox. Pengaruhnya adalah email yang sudah dikirim tidak akan terkirim kembali, karena konsepnya sebagai berikut :

email.jpg

Melihat dari gambar diatas maka proses pengiriman email baik dari komputer atau ponsel dikirim dan diterima oleh server Email kemudian disimpan dalam INBOX, setelah disimpan di inbox pemilik email tersebut maka menunggu ponsel melakukan pengaksesan ke inbox untuk mengambil email yg sudah tertampung ( baik secara otomatis atau manual ), setelah ponsel mengakses inbox maka

  1. email dikirim ke inbox ponsel
  2. email dikirim ke archive server

kemudian INBOX server sudah kosong (tidak ada email lama dan menunggu email baru ). Archive server sendiri berfungsi untuk menyimpan data2 email yg selama ini dikirim. Email2 tersebut dapat dihapus jika kapasitas penyimpanan kita penuh.

Nah, fasilitas diatas dimiliki oleh GMAIL sehingga ponsel sangat enak sekali mengakses INBOX email, karena informasinya update terus, beda jika Email lama masih ada terus di inbox server, maka pengaruhnya email lama dan baru akan dikirim terus ke ponsel sehingga akan menuh-menuhin inbox ponsel.

KONFIGURASI

  1. Pastikan layanan email (gmail, yahoo dll ) sudah di setting untuk delivery ke ponsel (enabled\disabled), biasanya ada di option –> pop and forwarding. Silahkan dibaca ketentuan yang ada di halaman tersebut.
  2. Setelah itu kita setting untuk ponselnya. Berikut data2 yang perlu diisi (tidak sesuai urutan karena masing2 ponsel berbeda peletakkan/urutannya)
  • masuk kemenu E-Mail
  • Masuk ke setting –> create new account
  • Masukkan POP3 ( biasanya pake nama incoming server )
  • Masukkan username dan password ( login imel yg sudah dibuat ) –> untuk POP3
  • Masukkan SMTP ( biasanya pake nama Outgoing server )
  • Masukkan username dan password ( login imel yg sudah dibuat ) –> untuk SMTP
  • Masukkan email address ( contoh : bramrdr@gmail.com)
  • Untuk model emailnya (POP3) dipilih SSL
  • kemudian portnya 995′
  • untuk model email (SMTP) dipilh SSL
  • dengan port 587

Jika sudah di setting, silahkan dicoba untuk send and receive di ponsel, jika ada notifikasi server found maka POP3 , alamat imel dan username/password sudah benar, tinggal tunggu emailnya masuk. Setelah itu coba lakukan pengiriman email, pertama email akan masuk ke outbox, jika masih menggantung di outbox mungkin masih ada kesalahan dalam SMTP, username dan password, kalo notifikasi delivery maka email sudah sukses terkirim.

(continue……)

Komentar
  1. Khozie mengatakan:

    Peperonity.com

  2. Ancha mengatakan:

    Untuk n6600, bisa nggak bang.? Soalnya, sudah beberapa kali saya coba set, namun blm berhasil.. Tlng jawabannya,, ancha makassar.

  3. Hasan mengatakan:

    Slm buat mas Bram dan semuanya, sy punya problem seputar setting email di hp. Hp sy soner K610i, mhn bantuannya utk settingan email berdasarkan format yg ada di soner K610i, sy sdh coba berkali-kali tp kalau dipake jawaban slalu “server ditemukan”, trims seblmnya.

  4. bramrider mengatakan:

    Ancha :
    N6600 setahu saya bisa digunakan buat email juga. Kalo boleh tahu emailnya pake apa ya?

    Om Hasan :
    Soner K610i bisa disetting, saya pernah pake K618i. Emailnya apa ya?

    Kalo emailnya pakai Gmail, ada petunjuknya kok di web Gmail tersebut.

  5. Ancha mengatakan:

    Pake send mail aja bang,, soalx send pic lwt MMS ke negara laen, dananya minta ampuuun.

  6. Ancha mengatakan:

    Pake GMAIL bang.

  7. mithavazta mengatakan:

    salam mas,moga di berikan sehat slalu,qu pke m3 soner f305 truz set emailnya yg rada ribet coz dah berXX qu cb tp g bs,/server tdk ditemukan../tdk bs smbung ke server..pdhal setingannya dah bner,pop.mail.yahoo.co.id(port 995), untk msk,smtp.mail.yahoo.co.id(port 465) untk kluar..truz gprs dah aktf,ap da yg slah?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s