TELKOMSEL DAN INDOSAT DAN TEMASEK

Posted: Des 19, 2007 in PONSEL

Yah… akhirnya ada kesempatan lagi nih membuka blog, mumpung akhir tahun dan libur banyak… nyante dikitlah. maklum kerjaan yang cukup menyita banyak waktu dan belum bisa fokus menulis postingan. Namun beberapa hari yang lalu, saat membaca Detik.com ada berita yang sedikit menggelitik sehingga pengen aku simpen infonya di blog ini. Apa sih beritanya?

Selasa, 18/12/2007 18:46 WIB Temasek Ajukan Banding atas Vonis KPPU

Nurul Qomariyah – detikinet

Jakarta – Temasek Holdings secara resmi telah mengajukan banding untuk melawan putusan KPPU yang menyatakan BUMN investasi Singapura itu bersalah melanggar UU no 5 tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.Menurut Temasek dalam pernyataannya yang diterima detikFinance, Selasa (18/12/2007), banding itu telah dimasukkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.”Keputusan terhadap Temasek adalah tidak berdasar dan sama sekali tidak pantas,” ujar Myrna Thomas, Managing Director Corporate Affairs Temasek.”Kami memasukkan banding ini untuk menunjukkan bahwa tidak ada dasar bagi keputusan KPPU dan untuk menegaskan hak hukum Temasek di Indonesia tetap dihormati sepanjang waktu,” tambahnya. Penasehat hukum Temasek, Todung Mulya Lubis, mengatakan, KPPU telah mengabaikan berbagai bukti yang mendukung pembelaan Temasek dan tidak memberikan penjelasan apapun atas diabaikannya bukti-bukti tersebut.

“Temasek tidak terlibat dalam aktivitas apapun di pasar telekomunikasi Indonesia, serta tidak terlibat dalam praktek monopoli atau anti-kompetisi dalam bentuk apapun,” tegasnya.

Todung menambahkan, Temasek tidak memiliki saham di PT Indosat Tbk dan PT Telkomsel. Temasek tidak mengatur atau mengontrol pengambilan keputusan investasi dan operasional STT atau SingTel, ataupun Indosat atau Telkomsel. Perusahaan-perusahaan tersebut diatur oleh manajemen dan dewan direktur independen masing-masing perusahaan.

Menurutnya, Pemerintah Indonesia telah menyetujui investasi di Telkomsel dan Indosat pada saat pelaksanaannya beberapa tahun yang lalu. Ketika ditanyakan mengenai investasi atas Indosat pada saat itu, KPPU tidak mengajukan keberatan
apapun atas investasi tersebut.

“Telkomsel dikontrol oleh Pemerintah Indonesia yang juga memiliki ‘saham emas’ di Indosat. Bagaimana mungkin praktek monopoli ataupun persaingan tidak sehat terjadi tepat dibawah pengawasan ketat dari Pemerintah Indonesia?” tambah Myrna.

KPPU pada 19 November lalu memutuskan Temasek dan 9 tergugat lainnya bersalah melanggar UU Anti Monopoli. Masing-masing pihak dikenakan denda Rp 25 miliar.

Keputusan itu diberikan KPPU terkait kepemilikan silang Temasek di dua perusahaan Telekomunikasi di Indonesia. Temasek memiliki 41,9% saham Indosat melalui Singapore Technologies Telemedia (STT) dan juga 35% saham Telkomsel melalui Singapore Telecommunications (SingTel).  ( qom / ash )

Lalu apa yang menarik dari berita itu? Sebenarnya cuma sepele yaitu masalah besarnya saham yang dimiliki oleh Temasek terhadap Indosat yaitu sebesar 41,9% dan terhadap Telkomsel sebesar 35% saham. Jika saham kedua perusahaan tersebut sama-sama dimiliki oleh Temasek kenapa selama ini yang dituduh sebagai perusahaan asing hanya Indosat? Dan Telkomsel di anggap produk sendiri? Apa nih maksudnya?

Pada saat saham Indosat dijual ke Temasek, banyak aktivis yang melakukan demo terhadap penjualan tersebut. Lalu bagaimana dengan Telkomsel? Jika kita melihat dari jumlah pemakai produknya bisa dibilang bahwa Telkomsel berada di posisi nomor satu, berarti bisa dibayangkan besar pendapatan yang diterima oleh Singapura.

Yah… kapan ya kedua perusahaan besar tersebut menjadi milik negri kita tercinta ini?

Komentar
  1. indoadman mengatakan:

    Jangan terlalu berharap ! Dengan moral penjual aset bangsa yang semakin menggila ini semua aset terancam dijual dan sangat kecil kemungkinan bisa kembali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s