PONSEL SEBAGAI ALAT PENGAMAN MOTOR

Posted: Feb 8, 2008 in DUNIA KERJA

Meningkatnya tindak kejahatan terutama motor menjadi sumber ide bagi tiga mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM). Mereka yaitu Ferdian Teguh Catur Wijanarko, Yunior Lanang Satrio dan M Khoirul Muttaqin menciptakan alat sistem peringatan untuk kendaraan bermotor dengan memanfaatkan fasilitas miscall . Mahasiswa jurusan teknik elektro fakultas teknik UM itu membuat alat itu secara sederhana dan murah. Perangkatnya cukup memanfaatkan telepon seluler, mikrokontroler dan bahan penunjang lainnya.
“Kami membuat ini karena sistim alarm dan kunci pengaman sudah bisa dibobol pencuri. Dengan alat ini, pesan akan tersampaikan langsung ke pemilik kendaraan,” terang Ferdian pekan lalu. Cara menghidupkan motor juga seperti biasa tanpa memasukkan kode khusus. Yang unik, jika proses miscall telah diulang sebanyak empat kali, maka kendaraan yang melaju akan mati sendiri. “Ini akan membuat pencuri kendaraan jadi lebih mudah ditangkap karena mereka tidak akan mampu melarikan diri dalam jarak yang jauh dari tempat parkir kendaraan semula,” jelasnya.

Menurut Yunior Lanang Satrio, pembuatan alat ini cukup memakan waktu yang lama mengingat mereka harus melakukan delapan jenis pengujian mulai dari pengujian ponsel yang akan digunakan hingga arus dan tegangan. Namun hasil yang mereka dapatkan cukup memuaskan bahkan saat dibawa ke ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas), tim ini menyumbangkan perunggu untuk UM. “Agar alat ini bisa berfungsi, maka pengendara harus menggunakan dua ponsel. Satu untuk dipasang di kendaraan bermotornya,” tutur Satrio.

Meskipun ide awal mereka hanya menciptakan alat pengaman untuk motor namun alat ini juga bisa digunakan untuk mobil. Diharapkan penemuan ini bisa dilirik produsen kendaraan bermotor sehingga bisa mengembangkannya ke dalam sistim yang lebih sederhana dan efisien. “Kami yakin penemuan seperti ini akan diminati banyak pengendara,” tandasnya. Tetapi, lanjutnya, karena masih diproduksi terbatas dan masih bersifat sebagai tambahan aksesoris di luar komponen kendaraan akan menyulitkan pembuatan alat ini karena harus menyesuaikan dulu dengan bentuk kendaraannya.
Sumber : http://www.cyberforums.us/showthread.php?t=5540

Komentar
  1. rifqi mengatakan:

    Bagus lah, segrasaja diproduksi yang lebih praktis.

  2. Sabarlah…..satu tahun lagi juga saya pulang, saya jenuh disini…..benar uang bukanlah segalanya meski penghasilan saya U$D.2680 sebulan bukanlah segalanya……….
    saya kangen suasana gunung dan sungai

  3. aZis mengatakan:

    wah mantaaappp…
    bro tlng bantu saya dong,.kriteria bagaimana untuk bisa seperti yang di atas,.
    saya sangat was2 denga motor saya,.motor kesayangan,.hehehe

  4. WIWIN WULANDARI S.T mengatakan:

    SAYA MAU DONG ALATNYA

  5. Abufakhrud mengatakan:

    Wah hebat, percepat dong buat mengurangi curanmor, sukses buat km

  6. abdul tembalang mengatakan:

    nanya ya mas,,
    kelebihan selain motor mati setelah di call 4 X mati,..
    tapi kalo 30 mnit udah lewat,trus kita baru nyadar motor kita di embat,,,
    gmn mas ??
    apa ndak udah jauh malingnya..

  7. dewi mengatakan:

    nah ini baru anak bangsa penuh dengan gagasan kreatif…. maju terus Bos…

  8. juminten mengatakan:

    ditunggu perkembangannya mas. Untuk alternatif lain ada di blognya juminten. Lihat sepuasnya, lengkap dengan gambar dan pemasangan.

  9. Budi mengatakan:

    alat ini sudah pernah dibuat oleh bengkel modifikasi “JR Auto Fashion” Jakarta pada tahun 2006. dan sudah dipasang di beberapa mobil konsumennya.
    cara kerjanya, apabila mobil dihidupkan, maka mobil akan miss call ke HP pemilik mobil. lalu dalam keadaan mesin mobil hidup, apabila di miss call lagi (miss call kedua kalinya) maka mobil akan mematikan mesinnya.
    Jadi apabila ada miss call dari mobil, sedangkan pemilik mobil tidak merasa menghidupkan mobil,maka pasti mobil dihidupkan oleh orang lain (pencuri). maka saat itu juga pemilik mobil dapat me-miss call mobilnya kembali, dan mobil saat itu juga akan mematikan mesinnya secara otomatis.

  10. donny mengatakan:

    sy punya lebih sederhsna bos.tapi keamananya sama.minim resiko/gampang masangnya.bisa untuk motor juga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s