PERCAYAKAH ANDA PADA SMS SANTET?

Posted: Mei 13, 2008 in SERBA SERBI

Pada tanggal 10 malam kemarin, saya menerima sms dari teman saya yang berisi “kalo ada nomor HP yg 0866 dan 0666 atau yg warna merah call masuk. Jgn angkat ya, soalnya di JKT udah ada yang mati gara2 nomor HP/warna merah dilayar hpnya. Krn orang itu lg uji ilmu hitamnya. Bengkalis jg ada yang mati. Jgn lupa sampaikan sama keluarga & teman2. Di Bengkulu sudah ada yg kena 1 orang.”

Gila….! SMS apaan nih? dalam hati saya berkata ” temen saya ini udah gila ya? Hoax aja dikirim-kirimin”. Eh.. besok paginya dapet sms lagi. Isinya berikut ” Bsk jam 8-10pg kl bs hp dimatikan selama 2 jam krn radiasi merah bsk tersebar +/- 1 jam… ini beneran dr radio langsung td pg siaran jam 7.30. forward ke teman2mu

Busyeet dah.. aku dikirimin Hoax lagi… akhirnya aku cuekin aja. Nah hari ini lagi buka detik, kok beritanya mengenai sms itu tadi ya? http://www.detik.com/indexberita/indexfr.php  Ya… jadi pengen membahas kasus itu deh.

Ternyata banyak juga yang percaya SMS begituan ya…. Sebenarnya sewaktu pertama kali baca sms tersebut sangat aneh sih. Contohnya :

  • kalo ada nomor HP yg 0866 dan 0666 = maksudnya apa ya? apakah 4 digit di depan atau dibelakang. Andaikan maksudnya di depan maka jelas sekali ini sms palsu alias teror. DI indonesia ini emang ada operator yang depannya 4 digit nomor tsb? kalo di indonesia tidak ada operator yang depannya 4digit tersebut, berarti dari luar negri? Bukan, kalo dari luar maka depannya tidak pake 0 (nol).   Andaikan dimaksud 4 digit dibelakang, maka nampak juga palsu, Mengapa nggak sekalian 11-12 digit sekalian jika memang mau memberikan informasi. Jadi sangat mengambang.
  • atau yg warna merah call masuk = Hebat banget sih dukunnya, bisa merubah warna layar? kalo monocrom bagai mana? brarti layar TV juga bisa dong? tapi terlalu repot banget dukun santetnya, nggak perlu media Ponsel kan bisa to?  he..he….

Untuk kasus SMS yang kedua itu saya jadi inget suatu kasus penipuan.Sebelum saya cerita, saya bahas dulu smsnya ya….

  • Bsk jam 8-10pg kl bs hp dimatikan selama 2 jam krn radiasi merah bsk tersebar +/- 1 jam : Gila nih… orang mo dibohongin yang berhubungan dengan tehnologi. Emang apa hubungannya telp dengan radiasi merah? (infra merah kali maksudnya) Ngapain juga harus dimatikan? Ngaruh juga infra merah dengan hp yg tidak buat telp? Bukannya Ponsel juga disediakan Infra merah buat koneksi. Katrok bener sih. Lagian yang nentuin jamnya itu siapa?
  • ini beneran dr radio langsung td pg siaran jam 7.30. = Radio mana om? yang jelas dong….. Capeek deehh…

Dari sms tersebut saya jadi inget kasus penipuan yang dialami oleh temannnya ibu saya. Ceritanya begini :

Ada sebuah keluarga dimana  keluarga tersebut cukup kaya, mereka hanya punya anak satu yang sudah kuliah di universitas Yogya. Suatu saat, si anak tersebut akan berangkat ke kampus, di telp oleh seseorang tidak dikenal, dan mengatakan bahwa, anak tersebut disuruh mematikan ponselnya karena kata orang tersebut bahwa nomor anak itu sedang dalm pengawasan polisi, krn kasus narkoba. Nah akhirnya anak tersebut mematikan ponselnya dan berangkat ke kampus. Tidak berselang waktu, ibunya ditelp oleh orang tidak dikenal, dia mengatakan bahwa anaknya mengalami kecelakaan dan sekarang ada di rs di jogja, dan kondisinya kritis. Orang tersebut meminta untuk mentranfer uang untuk keperluan operasi anak tersebut. akhirnya ibu tersebut pikirannya kacau mendengar berita tersebut. Kemudian ibu tersebut mencoba menghubungi ponsel anaknya. Dan dihubungi tidak bisa karena kondisinya Off. Akhirnya ibu tersebut menuju ke Bank untuk tranfer uang. Sampai di bank ibu tersebut cerita dengan pegawai bank. Dan sama pegawai bank tersebut, ibu itu malah disuruh cek dulu kerumah sakit sebelum tranfer duit. Akhirnya ibu itu menuju ke RS, sampai di RS ternyata anaknya tidak ditemukan. Trus berinisiatif pergi ke kampus, akhirnya bertemu dengan anaknya dalam kondisi sehat wal afiat.

Yah begitulah… berbagai macam cara orang untuk melakukan penipuan. Jika kita menerima informasi, harusnya di kros cek dulu kebenarannya, sebelum disebarkan orang lain.  Kasihankan kalo orang lain terkena tipu krn sms yang kita sebarkan krn kitidak tahuan kita juga…..

Maturnuwun.

Komentar
  1. Wiwin mengatakan:

    gw dah pernah nyaris kena penipuan lewat telpon, Bram.. alhamdulillah gagal.
    Kau baca ada pengalamanku disini: http://pratiwanggini.net/2008/07/nyaris-tertipu/comment-page-1/

  2. Redi mengatakan:

    ALHAMDULILLAH KAMI DARI PULAU SEBERANG SINI GAK MUDAH IKUT SIRIK…PA LAGI SAMPE PINDAH KEYAKINAN….AMIEN…..

  3. HALAMAN PUTIH mengatakan:

    Penipuan model begini saya sering menerima mas, tapi ya tidak diterima mentah2 to apalagi percaya begitu saja. Tak gampang lho dapat duit secara gratisan. Teman saya ada yang kena 7.5 juta tuh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s